COME AND FIND NOW

COME to my world knowledge
FIND what you share and
the real world will with you NOW

Breaking News

Rabu, 04 Maret 2015

APA ITU Agoraphobia ?

 
Agoraphobia adalah ketakutan terhadap tempat-tempat publik dan juga tempat-tempat terbuka. Fobia ini diyakini telah berkembang menjadi serangan kepanikan yang kompleks. Takut dengan serangan panik yang lain, dimana tempat untuk menghindar sangat sulit atau sulit mendapatkan bantuan pada saat itu juga. Seseorang yang mengidap agoraphobia sebisa mungkin menghindari tempat-tempat ramai, seperti mall dan bioskop. Bisa juga menghindari kendaraan, pesawat, kereta bawah tanah, maupun sarana transportasi lainnya dan hanya merasa aman di rumah.



Gejala-gejala fobia ini muncul di penghujung remaja dan pertengahan 30 tahun. Serangannya menurut penjelasan dalam healthyminds.com yaitu dapat muncul secara tiba-tiba atau berkala. Sebagian besar penderitanya pertama kali merasakan serangan panik yang spontan, perasaan takut yang luar biasa ditandai dengan keluarnya keringat, napas yang menjadi pendek-pendek, atau pingsan. Serangan ini bisa muncul sewaktu-waktu tanpa peringatan apa-apa sehingga yang bersangkutan sulit memperkirakannya.

MacKay mengatakan, agroraphobia dianggap sebagai fobia yang paling buruk. Rasa panik dapat datang silih berganti. Jika sudah demikian, penderitanya sulit keluar dari situasi tersebut dan kalaupun mencoba menghindar, dia akan merasa malu. Serangan panik dapat terjadi di dalam kereta bawah tanah sehingga sulit mencari tempat pelarian. Oleh karena itu, para penderitanya lebih memilih berada dalam rumah.

Lisa Capps dan Elinor Ochs (penulis buku Constructing Panic : The Discourse of Agoraphobia) mengatakan bahwa seseorang yang mengidap agoraphobia sering kali menggambarkan perasaan terjebak dalam ancaman kepanikan dan yakin tidak akan mampu merasa aman senyaman di rumah. Beberapa orang akan selalu dibayangi rasa ketakutan meskipun berada di rumah sendiri dan di temani. Ketakutan yang tidak masuk akal itu sulit dibuang jauh-jauh. Mereka menyadari bahwa mereka tidak berada di bawah ancaman bahaya, tetapi tetap saja merasa panik. Jika sudah memuncak, mereka merasa sendirian dan depresi.

Para ahli mencoba menemukan jawaban atas fenomena ini. Mereka terus meneliti perilaku manusia untuk mengetahui apa penyebab datangnya fobia ini dan bagaimana menanganinya, tetapi hal itu belum sepenuhnya terjawab hingga sekarang.

Psikiater John R. Marshall mengatakan, para fobik menganggap segala sesuatunya berbahaya dan tidak aman bagi mereka sehingga mereka lebih memilih berada di rumah atau benar-benar bergantung kepada orang lain. Marshall pernah menceritakan seorang pasiennya yang pada masa kuliah memiliki hal yang membuatnya panik. Pasien itu mengaku tidak pernah melewati ambang pintu rumahnya selama 20 tahun.

Karena sulitnya para penderita agoraphobia mengendalikan rasa panik, mereka pun merasa sudah begitu dekat dengan kematian. Fobia kompleks ini membuat seseorang hanya bisa pasrah pada keadaannya dan dokter pun belum bisa banyak membantu.
Gejala agoraphobia

Gejala dan tanda-tanda agoraphobia mungkin termasuk:
  • kecemasan dalam menanggapi berada jauh dari lingkungan yang dipandang sebagai 'aman'
  • gejala kecemasan yang signifikan dan kadang-kadang serangan panik seperti sesak napas, berkeringat, pusing, denyut jantung cepat, sensasi tersedak, mual, dan perasaan ketakutan ekstrim atau takut
  • mengantisipasi kecemasan jika orang tersebut diminta untuk meninggalkan lingkungan yang aman mereka
  • rendah diri dan kehilangan kepercayaan diri
  • keengganan untuk meninggalkan rumah atau usaha luar familiar mengelilingi
  • depresi, yang kadang-kadang dapat menyertai kondisi.
Agoraphobia berkembang dari waktu ke waktu

Agoraphobia biasanya dimulai dengan acara stres. Misalnya, seseorang kehilangan pekerjaan atau hubungan berakhir. Mereka merasa tertekan dan membatasi kontak mereka dengan dunia luar (ini disebut 'menghindari perilaku'). Dengan berjalannya waktu, orang tersebut dapat mempertimbangkan tempat yang lebih dan lebih umum sebagai 'luar batas' sampai mereka akhirnya terbatas pada rumah mereka.

Dalam kasus lain, peristiwa kehidupan yang penuh stres memicu serangan panik. Karena serangan panik begitu menyenangkan, orang dapat menghindari situasi atau tempat yang mereka anggap mungkin memicu serangan lain sampai banyak situasi dan tempat-tempat yang akhirnya ditakuti dan dihindari. 
Komplikasi agoraphobia

Tidak diobati, agoraphobia parah dapat mengurangi kualitas seseorang hidup. Sebagai contoh:
  • Kegiatan di luar rumah seperti pekerjaan, sekolah, bersosialisasi, hobi dan berbagai bentuk latihan berada di luar jangkauan.
  • Keuangan kesulitan, isolasi, kesepian dan kebosanan dapat menyebabkan perasaan lebih tertekan dan meningkatkan risiko depresi.
  • Orang itu mungkin menyadari bahwa ketakutan mereka tidak rasional, tetapi merasa tidak berdaya untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Mereka mungkin merasa marah dan frustrasi dengan diri mereka sendiri. Perasaan negatif ini merusak harga diri dan berkontribusi terhadap depresi, dan kecemasan dan ketakutan lainnya.
  • Orang tersebut bisa mencoba untuk mengatasinya dengan menggunakan metode yang tidak sehat (seperti kenyamanan makan, obat-obatan atau alkohol), yang pada gilirannya dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi untuk masalah kesehatan lebih lanjut.
Diagnosis agoraphobia

Diagnosis biasanya didasarkan pada gejala yang dilaporkan orang tersebut. Namun, dokter mungkin menjalankan serangkaian tes medis untuk memastikan gejala tidak disebabkan oleh penyakit fisik yang mendasari. Dokter mungkin menyarankan rujukan ke psikolog atau psikiater untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut.
Pengobatan untuk agoraphobia

Agoraphobia merespon dengan baik terhadap pengobatan. Pilihan pengobatan yang disarankan oleh dokter atau terapis akan tergantung pada keadaan Anda dan preferensi, tetapi mungkin termasuk:
  • kursus obat, seperti antidepresan atau obat anti-kecemasan
  • terapi perilaku kognitif dan desensitisasi
  • Terapi konseling dan harga diri
  • pelatihan relaksasi
  • kelompok pendukung
  • instruksi dalam metode self-help.
Metode self-help untuk mengelola agoraphobia

Kunci untuk menaklukkan agoraphobia adalah belajar untuk mengontrol gejala kecemasan dan semakin masuk ke situasi yang Anda takut.

Dibimbing oleh dokter atau terapis, tapi secara umum swadaya saran antara lain:
  • Bernapaslah perlahan - hiperventilasi (bernapas terlalu cepat dan terlalu dangkal) akan membuat gejala serangan panik buruk. Sadar memperlambat pernapasan Anda. Berkonsentrasi pada perluasan perut Anda, bukan dada Anda, dengan setiap inhalasi. 
  • Gunakan teknik relaksasi - belajar untuk rileks dapat mencakup metode seperti meditasi, hipnoterapi atau olahraga teratur. Anda mungkin perlu bereksperimen untuk menemukan metode relaksasi atau metode yang bekerja terbaik bagi Anda.
  • Cari tahu tentang kondisi Anda - mengatasi agoraphobia melibatkan pemahaman bagaimana kecemasan mempengaruhi pikiran dan tubuh.
  • Ubah gaya hidup Anda - dapat membantu untuk membatasi atau menghindari kafein, alkohol dan obat-obatan tertentu. Olahraga teratur membakar bahan kimia stres dan dikenal untuk mengurangi tingkat kecemasan. Temui dokter Anda untuk informasi lebih lanjut dan saran.
  • Secara bertahap meningkatkan eksposur - ini melibatkan menghadapi lingkungan ditakuti dengan cara yang terkontrol. Ini akan membantu Anda untuk melihat bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi. Biasanya, Anda memilih lingkungan paling mengancam pertama, membawa serta teman terpercaya atau terapis Anda sebagai dukungan, dan menggunakan pernapasan lambat dan metode koping yang lain Anda telah belajar untuk mengendalikan kecemasan Anda. Dengan latihan teratur, takut akan tempat atau situasi akan memudahkan. Teknik ini juga dikenal sebagai desensitisasi.
Hal yang perlu diingat
  • Agoraphobia adalah jenis gangguan kecemasan.
  • Seseorang dengan agoraphobia takut untuk meninggalkan lingkungan mereka tahu dan anggap aman karena takut kecemasan atau serangan panik.
  • Agoraphobia merespon dengan baik terhadap pengobatan.
 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Siska Yuliana