COME AND FIND NOW

COME to my world knowledge
FIND what you share and
the real world will with you NOW

Breaking News

Kamis, 05 Februari 2015

Kebiasaan Yang Harus Dihindari untuk Menjaga Kesehatan

Dalam menjaga kesehatan, kita harus menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kita. Kebiasaan ini mungkin sulit untuk ditinggalkan, tapi kita harus bisa mengubahnya. Kesehatan yang baik dapat diperoleh dari sendiri jika kita mampu untuk mengubahnya.

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan :

1. Makan tidak teratur
Hal ini juga pasti sering terjadi, aktifitas yang padat sehari-hari seringkali membuat anda lupa jam makan. Hal ini bisa berakibat buruk pada kesehatan anda, karena tubuh akan kekurangan energi dalam melakukan aktifitas, akibatnya tubuh menjadi lemas.

2. Kurang tidur
 
Penting untuk mendapatkan waktu istirahat yang baik demi memastikan sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik. Ketika tidur, tubuh mampu mengembalikan dan mengisi bahan bakar, termasuk sistem kekebalan tubuh. Jika Anda membatasi jumlah waktu tidur secara konsisten, Anda telah menempatkan diri pada risiko lebih tinggi terkena infeksi dan kondisi kesehatan yang serius seperti, penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas.

3. Kurang minum air
 
Air adalah sebuah cairan menakjubkan, yang dapat membantu fungsi keseluruhan dari tubuh Anda, termasuk sistem kekebalan tubuh. Air memiliki kemampuan untuk membilas setiap racun berbahaya dalam sistem imun tubuh. Minum cukup air juga dapat membarikan kesempatan kepada sistem kekebalan tubuh untuk beristirahat dan membantu melakukan tugasnya.

4. Tidak berolah raga secara rutin
Pentingnya menjaga kesehatan mengharuskan kita untuk melakukan aktifitas fisik secara rutin. Berolah raga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena secara alami tubuh akan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui keringat. Selain itu, aktifitas fisik  juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga membuat tubuh kita segar dan bugar.
  
5. Kebiasaan Kotor
 
Kebersihan mungkin tidak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda secara langsung, tetapi bisa mencegah infeksi dan penyakit dengan menghilangkan kuman dan bakteri. Jika Anda jorok, Anda hanya akan memperberat tugas dari sistem kekebalan tubuh, karena perilaku Anda dapat mengundang organisme berbahaya ke dalam tubuh. Pada titik tertentu, organisme ini dapat mengalahkan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan penyakit atau infeksi.

6. Mengkonsumsi makanan cepat saji
Kesibukan dan pekerjaan yang padat seringkali membuat kita mengambil jalan pintas dengan mempersingkat waktu makan. Cara paling praktis yakni memesan makanan cepat saji. Seperti sudah banyak diketahui orang, bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi tersebut meliputi kebutuhan karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan zat-zat lain.

7. Tekanan Stres

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana stres dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, berikut adalah penjelasannya. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tingkat stres yang tinggi dapat membuat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda, merusak fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat mempengaruhi cara tubuh dalam meyembuhkan luka, dan bahkan dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius.

8. Merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol
Dua kebiasaan buruk diatas sebaiknya segera anda tinggalkan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol secara perlahan namun pasti akan merusak organ vital anda seperti jantung dan paru-paru. Selain itu, juga dapat memicu munculnya penyakit lain yang berbahaya bagi tubuh.



 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Siska Yuliana