COME AND FIND NOW

COME to my world knowledge
FIND what you share and
the real world will with you NOW

Breaking News

Kamis, 05 Februari 2015

cara ampuh meningkatkan konsentrasi

Setiap orang pasti memerlukan konsentrasi dalam melakukan aktivitas. Konsentrasi merupakan kemampuan seseorang untuk fokus dan mampu mengabaikan hal lainnya. konsentrasi dapat segala pekerjaan kita teratasi dengan cepat dan sesuai dengan keinginan. 

CARA AMPUH UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI, diantaranya :

1. Tidur yang cukup



Tidur malam selama 6 sampai 8 jam tanpa gangguan merupakan cara yang efektif adalah salah satu cara meningkatkan daya konsentrasi dan kesegaran keesokan harinya.

2. Meditasi dan Relaksasi


Meditasi adalah cara yang sangat santai untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan dan membangun konsentrasi. Jika Anda memiliki jadwal sibuk konstan dan banyak stres, meditasi dapat membantu menghilangkan masalah konsentrasi dengan menurunkan tingkat kecemasan ketika segala sesuatu tampaknya menjadi terlalu banyak.

3. Kembangkan pola hidup sehat


 
Seperti yang sudah diungkapkan pada poin di atas, daya konsentrasi sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak.  Makin lancar aliran darah ke otak, makin mudah pula kita berkonsentrasi.  Nah, untuk memperlancar aliran darah ini, diperlukanlah pola hidup sehat yang seimbang.
Pastikan untuk tidur cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi.  Hal ini sangat berguna dalam jangka panjang, dan bahkan hingga usia tua.  Orang yang mengembangkan pola hidup sehat biasanya terhindar dari sifat pikun dan pelupa saat ia menginjak usia lanjut.  Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga gaya hidup anda tetap seimbang dan sehat.

4. Kerjakan satu hal pada satu waktu, hingga selesai dengan sempurna
 
Jika ingin menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang benar-benar bagus, cobalah untuk membiasakan diri mengerjakan satu hal hingga selesai dengan sempurna, baru beralih ke hal yang lainnya.  Jangan membiasakan diri untuk melakukan multitasking, alias mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu.  Kebiasaan multitasking tersebut menuntut anda membagi konsentrasi ke berbagai hal sekaligus.
Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal di hadapan anda, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari, kita akan lebih mudah berkonsentrasi, dan tentu saja, hasil akhir pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih optimal.
 
5. Buat Jurnal



Terbiasa membuat Jurnal akan membuat kamu terbiasa untuk mencatat dan mengingat hal-hal penting, serta membuat kerangka pemikiran dari berbagai hal. Kebiasaan ini tidak hanya akan melatih konsentrasi, tapi juga analisa terhadap permasalahan yang ada. Seorang penulis buku bernama Catharine M. Cox pernah mempelajari kebiasaan dari 300 orang jenius, seperti Einstein, Isaac Newton, Thomas Jefferson dan lainnya yang ternyata rajin menulis jurnal dan memiliki buku harian. Bahkan sepanjang hidupnya, Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi.

6. Jangan Lari dari Masalah

Dunia mahasiswa sering banget bikin kita terlibat dalam berbagai masalah, baik dengan pacar, dosen, teman, bahkan abang PKL di depan kampus. Ini yang bikin kamu susah untuk berkonsentrasi, akibat berbagai masalah yang selalu timbul di pikiranmu. Untuk itu, cobalah berusaha untuk tidak lari dari masalah. Jika kamu bisa menghadapi semua permasalahanmu dengan berani, maka kamu tidak akan dikejar oleh perasaan galau dan cemas yang bisa memecahkan konsentrasi.


7. Teknik "laba-laba"

 
Ada sebuah teknik yang disebut dengan "teknik laba-laba".  Perhatikan saja saat di mana seekor laba-laba sedang membangun sarangnya.  Jika kita meletakkan sebuah sumber bunyi-bunyian di samping sang laba-laba tersebut, ia sama sekali tidak akan terganggu dan memutuskan untuk meneruskan pekerjaannya membangun sarang.
Nah, inilah yang harus anda pelajari.  Anda harus belajar untuk bisa mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian, misal pintu yang terbuka, orang yang lalu-lalang, suara musik di kejauhan, dan lain-lain.  Jangan sampai hal-hal kecil tersebut dengan mudah memecahkan konsentrasi dan fokus yang kita bangun.
 
8. Mengunyah permen karet. 


Baik permen karet yang mengandung gula atau tidak, ternyata mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi. Penelitian ini yang dilakukan John Clarkson dari Universitas St Lawrence di Amerika Serikat
9. Mendengarkan musik


Selain dapat meningkatkan mood atau suasana hati, mendengarkan musik juga ternyata dapat meningkatkan konsentrasi.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Siska Yuliana